BUPATI SERAHKAN SARANA PENANGKAPAN IKAN, GERCEP KE-TIGA INI KATA KADISKAN DONGGALA

KAREBA SULTENG NEWS – DONGGALA

Gerakan cepat ke-tiga penyerahan sarana dan prasarana penangkapan ikan tingkatkan produktivitas, makan ikan cegah stunting angka kemiskinan terhapus tahun anggaran 2022 Kembali dilaksanakan, bertempat di Desa Siweli kecamatan Balaesang, pada hari Rabu, (2/11/2022).

Dinas perikanan kabupaten Donggala selaku landing sektor nya kembali Menggelontorkan sarana dan prasarana penangkapan ikan diantaranya mesin Katinting merk Honda GX160, As Baling-baling dan tali rumpon. Setelah sebelumnya gercep (gerakan cepat) pertama dan ke-kedua telah di laksanakan di kecamatan Banawa selatan dan kecamatan Balaesang Tanjung.

Ali Assagaf selaku kepala dinas Perikanan Kabupaten Donggala mengatakan “Bahwa di kecamatan Balaesang ini ada Delapan kelompok penerima manfaat. Diantaranya adalah 1. Kelompok KUB Tunas Nelayan Desa Tambu, 2. Kelompok KUB  Mitra Simagaya Desa Simagaya, 3. Kelompok KUB Sinar Mandiri Desa Siweli, 4. Kelompok KUB Bintang Mandiri Desa Siweli, 5.Kelompok KUB Melolo Tutubu Desa Siweli, 6. Kelompok KUB Sinar Abadi Desa Siboalong, 7. Kelompok KUB Mosanggani Desa Labean, 8. Kelompok KUB Karama Desa Sibayu.

Masih lanjut Ali Assagaf dalam sambutannya” Penyerahan Sertifikat SKK 60 Mil Laut Desa Sibolaong kepada 5 Orang nelayan SKK 60 Mil Laut. Serta Rehabilitasi Pembangunan Sarana Prasarana Perikanan SLIN TPI Labean Diantaranya Rehabilitasi Pabrik Es dan Rehabilitasi Coolstorage dan ABF. Yang sudah rampung pengerjaanya dan sudah beroperasi, masyarakat sangat terbantu dengan adanya SLIN ( system logitik ikan nasional) TPI Labean.

Apa yang disampaikan Ali Assagaf diatas tadi merupakan target gerakan cepat tahap pertama yang masih ada lagi tahap ke-dua nya, nanti pada tahun 2023 akan kembali memberikan bantuan sarana penangkapan ikan kepada Kelompok KUB Usaha Perikanan Tangkap, Kelompok POKDAKAN Usaha Perikanan Budidaya dan Kelompok POKLAHSAR Usaha Perikanan Olahan.

Penyerahan sarana Penangkapan ikan secara terintegrasi dengan pelaksanaan komitmen percepatan penurunan stunting, Makan Ikan Cegah Stunting, Angka Kemiskinan Terhapus. Dinas perikanan Donggala berkesempatan meng-hadirkan sebagai Narasumber adalah Direktur RSUD Kabelota, dr. H. Syahrial dalam amanat nya menyampaikan pentingnya asupan Protein hewani apalagi yang berwarna putih. Kalau yang berwarna merah itu dari daging sapi, daging kambing dan mengandung asam lemak jenuh susah di metabolism yang pada akhirnya mengalami gangguan metabolisme seperti kelebihan kolesterol, hipertensi yang berujung pada mengalami stroke.

Pemaparan terkait Stunting oleh Syahrial cukup mengena dan disimak dengan baik oleh seluruh yang hadir dalam acara tersebut. Syahrial mengingatkan bahwa intervensi Stunting harus dimulai saat konsepsi yang artinya usia anak masih dalam kandungan bukan anak-anak di usia 2 tahun. Biasakan mengkonsumsi Ikan karena mengandung omega3 yang didalamnya ada dha dan epa. Stunting bisa dicegah tetapi tidak bisa diobati.

Sebelum penyerahan sarana penangkapan ikan Bupati Donggala Kasman Lassa berkenan menyampaikan arahannya “ terkait pemulihan ekonomi masyarakat Pemerintah tidak menutup mata kita akan bantu. Yang di sambut tepuk tangan meriah seluruh hadirin yang hadir. Lanjut Kasman “bantuan bisa dalam bentuk modal usaha dan dalam bentuk peralatan. Yang dalam bentuk bantuan modal usaha pernah di berikan di kecamatan Sindue dan Sojol, yang besaran jumlah diterima masyarakat 2-3 juta per orang.

Adapun total anggaran yang teralokasi di Kecamatan Balaesang Tanjung yang disalurkan dan ada perhatian khusus oleh Bapak Bupati Donggala dalam Anggaran Belanja 2022 sebesar Rp. 3.080.754.000,- di sektor Perikanan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Donggala,  oleh karna itu gerak cepat realisasi pembangunan perikanan harus dikawal kelanjutan pembangunan nya, tutup Ali Assagaf.

 

Foto & Penulis

NKS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.