Pemerintah AS mengundang Perkumpulan IPIM RI dalam rangka Mempromosikan Pengembangan Masyarakat dan Toleransi Beragama

Kareba Sulteng News ~ Jakarta, Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Kedutaan Besar AS yang berada di Indonesia mengundang Perkumpulan Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Republik Indonesia dalam rangka “International Visitor Leadership Program” dengan Tema “Dialogue With Mousque and Imams On Promoting Community Development and Religious Tolerance” (jum’at, 13/5/2022).

Terlihat di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta “Nasaruddin Umar” selaku Ketua Umum PP IPIM bersama rombongan sedang menunggu kedatangan pesawat di ruang tunggu Bandar Udara Soekarno Hatta.

Terlihat pula Imam Besar Masjid Raya Darussalam Provinsi Sulawesi Tengah “Abd. Azis Tammauni” selaku Ketua IPIM Provinsi Sulawesi Tengah, yang juga ikut berangkat bersama rombongan.

Dalam kesempatan ini Ketua IPIM Sulteng “Abd. Azis Tammauni”  menjelaskan, “kunjungan para imam ke Amerika Serikat (AS) atas undangan Pemerintah AS untuk berpartisipasi dalam program kepemimpinan pengunjung internasional. Dialog bersama para imam masjid tentang mempromosikan pengembangan masyarakat dan toleransi beragama”.

Kegiatan tersebut akan berlangsung di AS selama sembilan hari dibuka pada Senin, 16/5/2022 sampai dengan selasa, 24/5/2022. Rombongan akan tiba di Indonesia pada hari minggu, 29/5/2022.

Selama di AS rombongan IPIM akan difasilitasi oleh Pemerintah AS dan akan di dampingi oleh seorang juru bahasa dan seorang petugas penghubung untuk memfasilitasi pengaturan perjalanan dan program yang disediakan oleh Departemen Luar Negeri.

 

 

 

 

 

 

“program ini akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi dengan para pemimpin Agama dan organisasi keagamaan, serta pejabat Pemerintah dan cendekiawan” tutur Azis

Para peserta akan belajar bagaimana lembaga dan pemimpin agama dapat memberikan perubahan positif di komunitas mereka melalui promosi Toleransi Beragama, perlindungan HAK Asasi Manusia atau HAK Sipil, kemajuan kampanye Anti Narkoba, penyebaran informasi Kesehatan, dan kolaborasi dengan Bisnis dan Pemerintah untuk mempromosikan perkembangan ekonomi.

Rombongan dipimpin oleh Ketua Umum PP IPIM, Bapak Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta “Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar”  bersama rombongan yakni :

Drs. H. Abd. Azis Tammauni, MM (Ketua Umum IPIM Provinsi Sulawesi Tengah, Imam Masjid Raya Darussalam Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Sulawesi Tengah).

Rif’at Aby Syahid, M.Pd.I (Pengurus Pesantren Al-Qur’an Al-Falah 1, Bandung, Jawa Barat).

 

 

 

 

Abdul Basir Amin, S.Ag., M.Pd (Wakil Ketua Masjid Agung Nur Ilahi Provinsi Kepulauan Riau, Batam, Kepulauan Riau).

Laksamana TNI (Purn) Asep Saepudin (Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Jakarta).

Rosita Tandos, M.Ag., M.A., M.Com., Dev., Ph.D (Manajer Program Pendidikan Kader Ulama Wanita (Program Magister) Masjid Istiqlal, Jakarta).

Maskur Yusuf, (Imam Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Sulawesi Selatan).

Ir. Hj. Wahidah Umar Mappelawa (Bendahara Pondok Pesantren Al Ikhlas, Bone, Sulawesi Selatan).

Dr. Ir. Hj. A. Majdah Muhyiddin Zain, M.Si. (Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), Makassar, Sulawesi Selatan).

Mochammad Taufiqurrahman (Ketua Sekretariat PP  IPIM, Jakarta)

 

Penulis : ROY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *