Workshop IPIM, Meningkatkan Kompetensi Imam Masjid Yang Profesional Diseluruh Masjid Di Sulawesi Tengah

Kareba Sulteng News ~ Palu, Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan Workshop dengan Tema “Bergerak Cepat dan Tuntas, IPIM Hebat Imam Berkualitas dan Bermartabat” yang dihadiri oleh seratus orang imam masjid yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Aula Wisma Haji Palu (minggu, 26/12/2021).

Ketua IPIM Sulawesi Tengah “H. Abdul Aziz Tammauni” mengatakan profesi imam masjid tidak semua orang mampu melakukannya apalagi dalam situasi pesta ataupun berduka pasti yang dicari imam, penyelenggaraan jenazah semuanya menjadi tanggung jawab imam masjid, oleh karena itu perlu diberikan reward kepada para imam masjid”.

Menurutnya profesi imam perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah mengingat fungsi imam sangat vital ditengah masyarakat islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah “H. Ulyas Taha” menyampaikan dalan sambutannya “para imam tidak boleh bersikap ekstrim, kalau ada suatu problem, bisa di konsultasikan dengan IPIM Sulteng sebagai lembaga yang menaungi para imam masjid”

Ulyas Taha melanjutkan “Imam berkualitas kalau imam itu sejahtera, maka kita semua berkewajiban untuk membantu IPIM Sulawesi Tengah dalam menciptakan imam yang sejahtera”.

Kegiatan Workshop dengan Tema “Bergerak Cepat dan Tuntas, IPIM Hebat Imam Berkualitas dan Bermartabat” di buka oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang di wakili oleh Pejabat Pelaksana Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah “Faizal Mang” sekaligus membacakan Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.

Faizal Mang menyampaikan “Pemerintah tetap akan mencari jalan terbaik agar imam-imam masjid bisa bekerja dengan Profesional mengurus jamaah”.

Ketua Panitia Pelaksana “H. Hamzah Rudji” dalam laporannya mengatakan Workshop ini melatih meningkatkan kompetensi imam masjid di sulawesi tengah dan materi yang diberikan Meningkatkan kompetensi imam masjid dan melahirkan kader-kader imam yang profesional”.

Wakil Ketua I IPIM Sulawesi Tengah melanjutkan “Tujuan dari kegiatan ini Meningkatkan kompetensi imam masjid dan melahirkan kader-kader imam yang profesional diseluruh masjid yang berada di sulawesi tengah agar jamaah merasa senang diayomi imam yang berkualitas” tutur Hamzah Rudji.

Materi-materi yang diberikan antara lain “pentingnya pengetahuan fiqih bagi imam, tahsinul qiraah, peran imam masjid dalam menghadapi problem sosial jamaah masjid dan Eksistensi IPIM sebagai organisasi wadah imam masjid”.

Hamzah Rudji berharap kegiatan ini bisa menghasilkan wawasan, menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan para imam masjid.

Penulis : Roy

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.