Polres Parimo Bersama Forkopimda Gelar Pasukan OPS Lilin Tinombala 2021, Dilanjutkan Pemusnahan Barang Bukti Hasil OPS Pekat 2021

Kareba Sulteng News ~ Parigi Moutong, Pada hari kamis tanggal 23 Desember 2021, pukul 08.00 wita, bertempat di halamam Mako Polres Parigi Moutong (Parimo) dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2021, sebagai bentuk kesiapan Polres Parigi Moutong dalam pengamankan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah hukum Polres Parigi Moutong.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin Tinombala 2021 ini mengambil tema yaitu “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2021, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  di wilayah Kabupaten Parigi Moutong”.

Dalam apel gelar pasukan ini bertindak selaku Pimpinan Apel yaitu yang mewakili Bupati Parimo yaitu Sekda Kab.Parimo “ZULFINASRAN” Perwira Apel yaitu Kabag Ops Polres Parimo AKP JUNUS ACHPAH dan Komandan Apel yaitu IPDA ARMAN.

Apel gelar pasukan dihadiri oleh Kapolres Parigi Moutong AKBP YUDI ARTO WIYONO,  Pabung Kodim 1306 Donggala MAYOR INF.GATOT, Ketua Pengadilan Negeri Parigi DWI HENDI NUGROHO SAPUTRO, Ketua Kejaksaan Negeri Parigi MUHAMAT FAHROROZZI,  Kalak BPBD Kab.Parimo, Ketua MUI Kab.Parimo MOH.QASIM ABDUL MAJID, Ketua FKUB Kab.Parimo H. ABD DJALIL G. BUA, Anggota DPRD Kab.Parimo, Para Pejabat Utama Polres Parimo, Para Perwira, Para Kapolsek jajaran, Danpos TNI AL LETDA LAUT (P) ADITYA NUGROHO, Danramil Parigi PELTU I NYOMAN ARNAYA, Kesbangpol, Kadis perhubungan Kab Parimo, Kasat Pol PP, Dinkes Kab.Parimo, Jasa Raharja Cab.Parigi dan para kepala instansi terkait lainnya.

Peserta Apel gelar pasukan yaitu: 1 Peleton TNI Koramil Parigi, 1 Peleton Sat Sabhara Polres Parimo, 1 Peleton Staf Gabungan Polres Parimo, 1 Peleton Sat Pol Air Polres Parimo, 1 Peleton Sat Lantas Polres Parimo, 1 Peleton Sat Intelkam, 1 Peleton Sat Reskrim dan Sat Narkoba, 1 Peleton Sat Pol PP Kab.Parimo, 1 Peleton Dishub Kab.Parimo, 1 Peleton BPBD dan Basarnas Kab.Parimo.

Apel gelar pasukan diawali dengan Laporan Perwira apel, Penghormatan Pasukan kepada Pimpinan apel, Laporan Komandan Apel yang dilanjutkan dengan pemerikasaan pasukan, Penyematan pita operasi oleh perwakilan dari TNI, Polri, Dishub, dan Pol PP. Selanjutnya Amanat Apel dan pembacaan doa.

Dalam amanatnya, Sekda Kab.Parimo membacakan amanat dari Kapolri yaitu : Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat  merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat

belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Sebelum mengakhiri amanat, Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak” Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan: “Selamat Hari Raya Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022”.

Kegiatan dilanjutkan pemusnahan barang bukti hasi Operasi Pekat Tinombala I dan II tahun 2021 oleh Polres Parimo dan Polsek jajaran di Kab.Parigi Moutong. Adapun barang bukti yang dimusnahkan yaitu :  22 sachet dengan berat 54,05 gram Narkotika jenis shabu,  192 botol miras merek ashoka,  508 miras berbagai merk, dan 600 liter miras jenis cap tikus.

Kegiatan berlangsung dengan aman, lancar dan mematuhi protokol pencegahan covid 19.

Penulis :Risman / Humas Bag Ops

Editor : Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *