Dinas Koperasi dan UKM, Gelar Pelatihan

Parimo, KaebaSulteng News.co.id – 30 peserta pengurus koperasi diparigi moutong ikuti pelatihan untuk pengembangan usaha koperasi bagi gerakan koperasi primer

Kegiatan pelatihan tersebut resmi dibuka langsung oleh Wakil Bupati Parigi Moutong,H.Badrun Nggai,SE bertempat diHotel Ludya kelurahan Kampal Senin, (11/10/2021).

Pelatihan pengembangan usaha koperasi bagi gerakan koperasi primer ini dimotori oleh pemerintah Daerah Parigi Moutong Melalui Dinas Koperasi dan UKM Parigi Moutong.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Parigi Moutong juga turut didampingi kepala Dinas Koperasi dan UKM Sofiana,SE,M.AP bersama nara sumber dari akademi untad palu DR.Rosida P Adam,SE,MP, serta dihadiri beberapa Kepala OPD terkait dan juga sejumlah kepala BUMN.

Wakil Bupati Parigi Moutong Dalam sambutanya menyampaikan kurang lebih kondisi koperasi dan usaha kecil menengah diparigi moutong sebagian kecil masih belum menujukan kemajuan yang signifikan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Tentunya untuk mengatasinya Dinas Koperasi dan UKM selaku Dinas tekhnis harus terus menerus berupaya keras dalam mengambil langkah langkah kebijaksanaan yaitu dengan memberdayakan koperasi dan menumbuh kembangkan manajemen pengelolaan koperasi.”tegas Wabup.

Selaku pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas Koperasi dan UKM.

Dan kepada peserta yang mengikuti pelatihan wabup menghimbau agar materi yang diikuti dapat dipahami sepenuhnya untuk diimplementasikan dikoperasinya masing masing.

Wabup berharap kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dapat terus berkesinambungan karena mengingat kegiatan ini sangatlah penting terutamanya dalam pengembangan usaha koperasi didaerah parigi moutong.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sofiana,SE,M.AP dalam statment nya menyampaikan tujuan dilaksanakanya kegiatan pelatihan bagi koperasi dilingkup parigi Moutong yaitu untuk memperkenalkan serta memaksimalkan gerakan gerakan koperasi yang ada diparigi moutong, baik itu koperasi Simpan pinjam, koperasi Primer maupun koperasi dibidang sektor pertanian, Perikanan dan peternakan.

Materi Pelatihan yang diberikan merupakan pemahaman cara mengelola koperasi dibidang administrasi dan juga memaksimalkan administrasi mulai dari kegiatan rapat anggota tahunan, dan juga management dalam kepengurusan koperasi.

Selaku kadis koperasi dan UKM Sofiana menyampaikan selaku Dinas tekhnis bahwa untuk memajukan kemandirian serta berdaya saing dengan koperasi lainya, koperasi koperasi tersebut harus memiliki management yang baik, tentunya mulai dari struktur ketua sampai keanggotanya dan juga badan pengawasnya haruslah transparan.”tuturnya.

Out Put kegiatan pelatihan yang telah diberikan nantinya sofiana mengatakan akan mengevaluasi kembali semua koperasi koperasi yang ada diparigi moutong, terkait bagaimana perkembangan maupun kendala yang didapatkan dari koperasi itu sendiri.”tutupnya.

( Risman )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *