FAKULTAS HUKUM MENYELENGGARAKAN PELATIHAN LEGAL REASONING

Palu, karebasultengnews.co.id. ; Kegiatan  bertema “Pelatihan Penalaran Hukum  dan Argumentasi Hukum” disampaikan Wakil Dekan Bidang Kemasiswaan Fakultas Hukum  ( Dr. Awaluddin, SH, SE,MH.) , selaku salah satu  narasumber  berkesempatan membuka langsung kegiatan tersebut , pada selasa  8 / Desember /  2020 ) di AULA Vinar Permata Palu.

“Kenapa tema Penalaran dan Argumentasi Hukum penting diangkat?  Mengingat banyaknya persoalan hukum nantinya  tidak hanya cukup dengan berperkara secara konvensional. Namun dituntut juga kemampuan memberikan argumentasi yang baik, yang tercermin dari kemampuan logika dan kemampuan daya nalar. ,” papar . ( Dr. Awaluddin, SH, SE,MH.)

Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai penalaran hukum yang memiliki beberapa makna, yakni sebagai metode berpikir dalam menerapkan hukum, cara berpikir dengan menggunakan logika hukum, serta sebagai kegiatan berpikir yang bersinggungan dengan pemaknaan hukum yang multi aspek.

Hal yang  sama pula di sampaikan oleh Andi Dewi Primayanti, SH., MH. ( sebagai Sekretaris pelaksana kegiatan ) di hadapan Media KS;  “ Untuk mendapatkan pemahaman serta solusi hukum atas permasalahan yang dialaminya, masyarakat kerap meminta pendapat hukum kepada orang yang ahli di bidang hukum seperti akademisi, advokat, konsultan hukum dan profesi di bidang hukum lainnya. Bahkan tidak jarang masyarakat meminta pendapat hukum kepada mahasiswa/sarjana hukum yang dianggapnya mampu dan mumpuni. Mengingat begitu pentingnya Penalaran atau Argumentasi Hukum  dalam membantu menyelesaikan permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat, maka dipandang perlu bagi setiap mahasiswa hukum untuk memiliki skill/keahlian menyusun Argumentasi Hukum  sebagai bentuk pertanggungjwaban moralnya ketika terjun di tengah masyarakat kelak. Berdasarkan hal tersebut, kami mengadakan Kegiatan ini  sehingga membuka kesempatan kepada para mahasiswa-mahasiswa hukum untuk mengikuti pelatihan penyusunan Penalaran atau Argumentasi Hukum  yang kami selenggarakan”  Urainya ‘!.

Penalaran hukum ini penting diketahui oleh peserta karena hukum memiliki logikannya sendiri. Hukum tidak bekerja dalam ruang yang hampa sosial dan hukum bukan entitas yang sama sekali otonom, melainkan dipengaruhi oleh nilai-nilai tertentu. Harapnya “!

Dalam pantauan media KS, target dari peserta yang mengikuti Kegiatan tersebut yakni mahasiswa(i) fakultas hukum. Adapun tujuan dan manfaat pelatihan ; adalah Memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan terkait esensi dari argumentasi hukum. Memberikan pembelajaran kepada peserta pelatihan dalam menyusun argumentasi hukum yang baik dan benar. Memberikan panduan kepada peserta pelatihan terkait proses serta tata cara menyusun Argumentasi Hukum ( an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *