Fakultas Hukum Untad bekerja sama dengan DKPP R.I menyelenggarakan SEMINAR NASIONAL

Kareba Sulteng News – Palu, Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Tadulako (Untad) bekerja sama dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia  (DKPP R.I) di Hotel Best Western Plus Coco Palu pada hari ini (senin, 16/11/2020) menghadirkan Narasumber (Didik Supriyanto S.IP.,M.IP / Anggota DKPP R.I), (Dr.H.M. Yasin Nahar, S.H.,M.H / Dosen Untad), (Dr. Moh. Tavip, S.H.,M.Hum / Dosen Untad), (Dr. Surahman, S.H.,M.H / Dosen Untad), (Dr.Drs. H. Irwan Waris, M.Si / Dosen Untad), (Dr. Slamet Riyadi Cante, M.Sk / Dosen Untad).

Seminar Nasional dengan tema “Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu di Indonesia” Dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Untad Bapak Dr. Sulbadana, S.H.,M.H.

Beliau mengharapkan kerja sama ini tidak terhenti sampai disini, kedepannya masih diberikan kepercayaan untuk bekerja sama lagi memberikan kegiatan-kegiatan ilmiah seperti sekarang ini.

Sulbadana sangat mengharapkan agar transformasi ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan demokrasi dan pemilu bisa berlangsung, sehingga kedepannya kehidupan demokrasi lebih kuat dan penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung dengan integritas yang tinggi.

Dalam sambutannya Sulbadana mengatakan “Saya sangat mengharapkan agar kerja sama ini tidak sampai disini saja, kedepannya masih bisa bekerja sama lagi membuat kegiatan ilmiah seperti ini, agar transformasi ilmu pengetahuan berkaitan dengan demokrasi dan pemilu dapat berlangsung, sehingga demokrasi lebih kuat dan penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung dengan integritas yang tinggi”.

Ditempat yang sama, perwakilan DKPP R.I. Bapak Didik Supriyanto dalam wawancara dengan tim Kareba Sulteng mengatakan “Seminar ini sangat produktif memberi masukan-masukan kepada kita apalagi kalau diakomodasi oleh pembuat undang-undang. Baik Fakultas maupun DKPP R.I. sama-sama mendorong hasil seminar ini sebagai bahan untuk dipertimbangkan oleh pembuat undang-undang”.

Didik  juga mengharapkan agar kerja sama ini dapat lebih produktif  kedepannya, DKPP R.I. bersama Fakultas Hukum Untad bisa membuat program menambah pengetahuan atau keterampilan dari para mahasiswa terkait dengan penyelenggaraan pemilu.

Didik  menuturkan “kami juga mengharapkan hal yang sama, kedepannya bagaimana kita membuat program menambah pengetahuan atau keterampilan adik-adik mahasiswa terkait dengan penyelenggaraan pemilu”.

“Sehingga mau jadi pemantau pemilu tidak perlu banyak pelatihan, bahkan mau jadi petugas KPPS, BPS atau mendaftar KPU,  begroud pengetahuannya sudah cukup. Karena saat ini belum ada pelatihan yang sistematis terutama untuk adik-adik mahasiswa”. Tutup didik

Penulis : Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *