Pergantian Tahun 2019 Ke 2020, Kumandangkan Azan Di Kec. Tinombo

Parigi Moutong_ karebasultengnews.co.id salah satu rangkaian acara pisah sambut tahun 2019 ke tahun 2020 tepat pukul 24.00 WITA tahun berganti menjadi tahun 2020, ditandai dengan kumandang Adzan dan dilanjutkan dengan hiburan. Kawasan Destinasi baru pantai mosing Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan menjadi saksi pisah sambut tahun baru dari tahun 2019 menuju tahun 2020.

Usai Dzikir dan Tabliq Akbar bersama masyarakat dan pejabat dijajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dilanjutkan dengan Pisah sambut tahun dari tahun 2019 menuju tahun 2020.

Sebelum menyambut tahun baru dalam acara tersebut diawali dengan pesan-pesan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam capain pembangunan selama tahun 2019 dan pembagunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong Suyutin Budianto S.sos mengatakan, saat ini Pemerintahan berbeda dengan sebelumnya, ia mengatakan untuk majunya sebuah daerah antara Eksekutif dan Legislatif harus bersinergi, sehingga ia berkomitmen  terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong Suyutin Budianto S.sos dalam himbauannya mengajak kepada semua pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun daerah ini. Mari kita berpikir positif bagaimana daerah ini lebih maju demi kemajuan kita bersama, tanpa damai, tanpa saling akur, kita tidak bisa berbuat apa apa.

Sementara itu Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu menyampaikan beberapa kesuksesan yang telah diraih Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam kurun waktu tahun 2019, diantaranya Sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Sukses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan pemilihan anggota DPD dan DPRD, dan kesuksesan lainnya.

Sementara untuk tahun 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong akan menyelenggarakan 8 program yang sangat dominan, yaitu Pembangunan Rumah Sakit Klinik berbasis wisata di tiga tempat yaitu Desa Kayu Jati Kecamatan Ongka Malino, Dusun Pimpit Desa Siaga Kecamatan Tinombo Selatan dan Desa Sausu Gandasari Kecamatan Sausu.

“Pada tahun 2020 dibangun 3 Rumah Sakit Kinik Internasional, dengan tipe Rumah Sakit Pratama,”Kata Samsurizal. Lanjut Bupati dua Periode itu, pada tahun 2020 juga akan dibangun Universitas yang dibiayai oleh Pemerintah Malaysia. Didalamnya ada Pendidikan S1, S2 dan S3. “Pada tanggal 19 Januari 2020, Rektor dari Malaysia akan datang ke Parigi Moutong. Insya Allah membuka Perguruan Tinggi di daerah kita,”Pungkasnya.

Selanjutnya kata Bupati Samsurizal, kawasan destinasi Wisata baru di pantai Mosing akan dikembangkan dan dibangun menjadi Kota satelit kelima di dunia. “Tempat kita berpijak saat ini, akan kita kembangkan menjadi Kota Satelit kelima di dunia, dan tempat ini juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan HPS,”terangnya.

Bukan hanya itu, Bupati Samsurizal juga menambahkan, bahwa 2020 Parigi Moutong akan menjadi peyangga logistik, apabila Penajam Kalimantan Timur resmi menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

“Insya Allah bulan Januari saya akan ke Penajam untuk bertemu dengan Bupati Penajam dan Gubernur Kaltim untuk melakukan MoU (kerjasama),”Imbuhnya.  “Pada tahun 2020 juga kita akan menjadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia (HPS) yang dipadukan dengan kegiatan for ikan,”Tambahnya.

Diakhir pesan pembangunannya, Bupati Samsurizal mengajak masyarakat Kecamatan Tinombo Selatan untuk sepenuhnya mendukung kegiatan pembangunan destinasi Wisata.  “Marilah kita dukung program ini. Kenapa saya pilih pantai Mosing sebagai tempat kawasan destinasi, karena satelitnya satu satunya nol derajat ada disini,”Tuturnya.

Pantai Mosing juga kata ia akan dijadikan sebagai tempat Deplomatur.  “Tempat ini saya siapkan untuk Deplomatur. sudah 42 Negara mendaftar dan menyatakan siap menjadi Diplomatur,”Tandasnya.

“Kita belajar dengan wisata wisata yang lain yang telah maju, Karena yang mengamankan daerah ini hanya kita sendiri. Masyarakat yang ingin membangun Pariwisata, jagalah keamanan, sehingga orang senang berkunjung ketempat ini,”Sambungnya.  Kemudian dari pada itu, Bupati Samsurizal juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020. Pemerintah Daerah fokus pada program penurunan Stunting.

“Stunting juga akan kita turunkan, karena ini program Nasional, dan juga bagaimana kita terus melakukan penurunan angka kemiskinan, penurunan angka kematian ibu dan bayi,”Ucapnya.

“Dan tidak ketinggalan kita tetap bertekad meraih Adipura 2020, dan juga saya mohon doa restu masyarakat, insya allah Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tomini Raya dan Kabupaten Moutong dalam waktu dekat akan terwujud,”tutupnya. (Adji Ras’an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *