PENYALAHGUNAAN DANA DESA, DPRD GELAR RAPAT

Parigi Moutong_ karebasultengnews.co.id Rapat Dengar Pendapat DPRD Parigi Moutong bersama Masyarakat Desa Sidoan Barat Kecamatan Sidoan terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa.

Rapat Dengar Pendapat terkait Dana Desa yang diduga penggunaannya menyalahi ketentuan-ketentuan, rapat yang dihadiri asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Samin Latandu, Wakil Ketua II DPRD Sugeng Salilama, Wakil Ketua I DPRD Faisan Badja, Pihak Polres diwakili oleh Kasat Intelkam AKP Zaenudin, Sekretaris Dinas PMD, Sekretaris Inspektorat Parigi Moutong A.M. Tandju dan anggota DPRD lainnya di ruang aspirasi Kantor DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Senin 22/12/2019.Rombongan masyarakat desa Sidoan Barat Kecamatan Sidoan sekitar 50 orang dipimpin oleh sdr. Arham sebagai Koorlap masyarakat Sidoan dan didampingi sdr Toni Taher dari LSM Singgani.Masyarakat Desa Sidoan Barat melakukan tiga tuntutan:

  • Mempertanyakan kepastian hukum dengan permasalahan dugaan penyalahgunaan Dana Desa yang dilakukan oleh Kepala Desa Sidoan Barat Ishak Lasapa.
  • Masyarakat meminta hasil audit dan investigasi yang dilakukan oleh inspektorat  dilapangan.
  • Segera dilakukan pencopotan jabatan kepala desa Sidoan Barat Ishak Lasapa
  • Dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desa yang dilakukan oleh Kepala Desa Sidoan Barat meliputi, pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 3 km, pembangunan talud, jambanisasi 40 unit, jembatan kecil aliran air (deker) serta biaya pembelajaan material dan bahan bangunan yang untuk dipergunakan pembangun tersebut yang tidak sesuai estimasi, laporan fiktif jumlah tenaga kerja dan upah harian orang kerja.

Masyarakat juga menyampaikan tentang kesewenang-wenangan kekuasaan atau jabatan yang dilakukan oleh Kepala Desa Ishak Lasapa terkait pemilihan ketua BPD tidak memenuhi ketentuan yang berlaku yang semestinya dipilih oleh masyarakat namun ketua BPD ditunjuk langsung oleh Kades serta arogansi dalam tindakannya seperti memilah-milah mana orang yang menjadi pendukungnya mana yang bukan.

Penjelasan dari tim Tipikor Polres Parigi Moutong yang dipimpin Ipda Putu Arcana bentuk respon dari laporan masyarakat tim langsung terjun kelapangan namun terkendala dengan saksi dan mohon dukungan serta kerjasamanya serta belum adanya laporan audit dari pihak inspektorat terkait penyalahgunaan Dana Desa tersebut.Dan

Pihak Polres menyampaikan himbauan yang disampaikan oleh Kanit Intelkam AKP Zaenudin kepada masyarakat desa Sidoan Barat agar jaga Kamtibmas jangan sampai ada konflik, beri waktu kepada tim Tipikor untuk bisa bekerja secara maksimal.DPRD memberikan rekomendasi dalam RDP terkait permasalahan ini yaitu agar pihak kepolisian dan inspektorat berkomunikasi guna memberikan kepastian hukum kepada masyarakat Desa Sidoan Barat dan adanya pembinaan dari Dinas PMD kepada Kepala Desa.Sementara asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Samin Latandu menyampaikan agar masyarakat Desa Sidoan Barat bersabar dan beri waktu kepada pihak terkait untuk bekerja.(Risman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *