Lestarikan Kearifan Lokal, Suku Lauje Gelar Upacara Adat

Parigi Moutong _ karebasultengnews.co.id  ~ Dalam rangka menjaga kelestariannya pemerintah Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong kembali melaksanakan upacara adat Suku Lauje bertempat di Dusun 1 Desa Ogoansam Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Kamis 19/12/2019.

Salah satu bentuk wujud kecintaan terhadap bangsa sendiri adalah dengan melestarikan dan mempertahankan membudayakan adat istiadat,  yang lahir sejak nenek moyang ada, selaku generasi muda yang lahir di era modern sepatutnya tetap menjaga kelestarian adat istiadat tersebut.

Sebagaimana kita ketahui adat istiadat merupakan salah satu pondasi dalam tatanan kehidupan sosial. Untuk menjaganya, diperlukan pelestarian agar tetap bertahan hingga anak cucu. Dengan perubahan zaman dan paradigma kehidupan saat ini, dengan berbagai tantangan kemajuan Teknologi serta masuknya budaya barat yang mempengaruhi pola pikir anak muda sekarang adat istiadat hampir punah dan terlupakan, sehingga dibutuhkan peran dan perhatian serta motivasi baik pemerintah dari tingkat bawah hingga tingkat atas atau keterlibatan orang tua atau pemangku untuk dapat bersama-sama mempertahankan dan mengembangkan adat istiadat setempat.

Camat Palasa Baharudin SE menjelaskan, bahwa kegiatan adat Suku Lauje di Kecamatan Palasa dilaksanakan setiap tahunnya untuk menyatukan masyarakat Suku Lauje baik yang ada di dataran maupun yang ada di Pegunungan.

“Pelaksanaan upacara Adat Suku Lauje di Kecamatan Palasa, ada 3 taraf yaitu di hulu, ditengah dan didataran. Kegiatan adat Suku Lauje bertujuan untuk menyatukan masyarakat Suku Lauje khususnya yang ada didaerah terpencil, agar mereka terus mempertahankan adat Lauje. Karena kita tahu, adat Suku Lauje dari turun temurun dikenal sebagai adat yang sangat kuat, baik itu dipakai dalam panen raya, mengobati orang sakit dan lain-lain dengan tetap memohon perlindungan Allah SWT,” jelasnya.

Menurut Ketua Adat Kecamatan Palasa Ishak Laila berharap, masyarakat Suku Lauje terus bergandengan tangan untuk melestarikan budaya adat istiadat, walaupun dengan adanya kemajuan teknologi diera modern dengan serba digital, saat ini masyarakat suku Lauje khususnya harus tetap mengedepankan adat istiadat dengan tidak mengesampingkan kekuasaan sang Maha Pencipta. “Harapan kami tentunya masyarakat Suku Lauje terus menjaga kelestarian Adat istiadatnya,” tambahnya. (Aji Ras’an )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *