PEMBUDIDYAAN SARANG BURUNG WALET MENJADI PROSPEK YANG MENJANJIKAN

Parigi Moutong. karebasultengnews.co.id Prospek sarang burung walet yang menjanjikan dan pembudidayaan sarang burung walet. Beberapa tahun terakhir di semua wilayah baik di wilayah Kabupaten Parigi Moutong ataupun diluar Kabupaten Parigi Moutong mulai terlihat menjamurnya bangunan sarang burung walet yang berarti bisnis sarang burung walet sangat menjanjikan karena harga yang tinggi. Terkait menjamurnya dan peluang bisnis dibidang sarang burung walet, Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) tentang pengembangan potensi Ekspor sarang burung walet dan permasalahannya, bertempat di Rana Cafe Parigi, Selasa 10/12/2019.

Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung sehari tersebut dibuka Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE dihadiri Wakil Ketua DPRD Faisan Badja dan anggota DPRD, Kepala OPD serta 50 orang Petani Walet se-kabupaten Parigi Moutong. Wakil Bupati H. Badrun Nggai SE dalam sambutannya menyampaikan budidaya sarang burung walet menjadi primadona bisnis yang menjanjikan

“mengingat harga yang sangat tinggi sehingga tidak mengherankan lagi saat ini disepanjang jalan trans Sulawesi dari kecamatan sausu hingga kecamatan moutong kita melihat banyak bangunan bertingkat untuk dijadikan tempat habitat burung walet”. Lebih lanjut lagi Wakil Bupati H Badrun Nggai SE menyampaikan peluang bisnis yang menjanjikan namun cukup banyak pula permasalahan yang acap kali ditemui para petani dalam pembudidayaan burung walet, dimulai dari kurangnya pengetahuan mengenai pengaturan suhu dan kelembaban karena suhu yang tidak optimal juga akan menyebabkan air liur walet cepat mengering dan mudah patah serta masih banyak lagi permasalahan lainnya yang sering dijumpai para petani walet.

Melalui Focus Group Discussion (FGD) ini semoga dapat menjadi solusi atas segala permasalahan yang sering kali dijumpai para petani walet yang pada akhirnya meningkatkan produksi sarang burung walet di daerah ini guna mewujudkan pangsa ekspor yang lebih menjanjikan, lanjut dalam sambutannya diacara tersebut. (Risman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *