Pembangunan Tiga Klinik Pratama Oleh Pemerintah Daerah Kab. Parimo

Parigi Moutong. karebasultengnews.co.id Dalam rapat koordinasi dengan segenap OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong Bupati Parigi Moutong H.  Samsurizal Tombolotutu pimpin rapat terkait pembangunan tiga titik klinik pratama. Rapat yang dilaksanakan di Tinombo, Jum’at 6/12/2019.
Adapun rencana pembangunan tiga titik Klinik Pratama tersebut yaitu di Desa Pimpit Kecamatan Tinombo Selatan, Desa Kayu Jati Kecamatan Ongka Malino dan Desa Gandasari Kecamatan Sausu. Dan rencana peletakan batu pertama pembangunan tiga bangunan Klinik Pratama tersebut dijadwalkan bulan desember tahun ini sebelum perayaan Natal.
Bupati H. Samsurizal Tombolotutu juga menyampaikan bahwa program proyek ini akan membangun sarana dan prasana penunjang bagi klinik tersebut diantaranya sarana dan prasana yang nantinya akan di bangun selain pembangunan klinik pratama itu ialah pembangunan jalan jalur 2 menuju akses klinik, ketersediaan air, jalan dan jembatan yang melekat pada Dinas PU.
Juga akan dibangun pasar rakyat yang dekat dengan lokasi Klinik melekat pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD).
Pembangunan heliped dan pelabuhan kapal pesiar yang bertanggung jawab adalah Dinas perhubungan.
Ketersediaan akses radio dan internet di lokasi klinik yang bertanggung jawab Dinas Komunikasi dan Informatika.
Sayur dan persawahan selaku penanggungjawab yaitu Dinas Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP).
Kepada Dinas Perizinan Bupati H Samsurizal Tombolotutu mengintruksikan untuk mempercepat proses perizinan pembangunan klinik dan sarana penunjangnya.
Dari bidang perikanan Bupati melalui Dinas Perikanan dan Kelautan nantinya akan membangun TPI dengan maksud dan tujuan agar ketersediaan pangan di sekitar area klinik dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu juga berharap agar Dinas Pariwisata lebih gencar dalam mengembangkan potensi pariwisata di tiga titik Pembangunan Klinik tersebut.
Menurut Bupati H Samsurizal Tombolotutu yang menjadi point utama pembangunan Pariwisata yaitu terkonsentrasi di daerah Khatulistiwa “titik khatulistiwa dengan nol derajatnya dapat menjadi jualan wisata internasional.” imbuhnya. Dalam rapat koordinasi tersebut Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu, Klinik Pratama ini diisi oleh tenaga ahli pada bidang kesehatan namum bukan berstatus PNS dan ini merupakan tanggung jawab Dinas Kesehatan.
Bupati berharap kepada dinas-dinas yang telah ditunjuk untuk melaksanakan tugas tersebut dan segera melakukan peninjauan pada lokasi serta melakukan pendataan terkait kesiapan titik pembangunan sarana dan prasana pendukung klinik pratama tersebut.
“Segera lakukan pendataan pada titik lokasi yang dimaksud karena kita rencananya akan melakukan ekspose dengan pihak pengembang terkait kesiapan Pemda dalam pembangunan klinik pratama dan sarana pendukungnya ” instruksinya. Ini Investasi bagi daerah kita. “Mari kita kerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga jika proyek ini telah beroprasi maka Daerah kita akan semakin dilirik dari Negara luar.”
Usai rapat tersebut, OPD yang bertangungjawab dengan titik sarana dan prasarana yang akan di bangun nantinya langsung melakukan peninjauan ke titik-titik tersebut yang langsung di pimpin Camat dari tiga Wilayah yang akan di bangun Klinik tersebut.  Bupati H Samsurizal Tombolotutu dalam rapat tersebut meminta kepada semua OPD yang bertanggungjawab, usai peninjauan kesemua titik pembangunan sarana dan prasarana tersebut agar dipaparkan kembali kepada saya (Bupati)  pada hari Senin, 9/12/2019 yang akan datang.(Risman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *