Warga Bantaya Dan Kampal Ikut Pembekalan

Parigi Moutong. Karebasultengnews.co.id Sebanyak 20 orang warga Kelurahan Bantaya dan Kampal menerima pembekalan materi tentang penciptaan wirausaha baru melalui tenaga kerja mandiri. Kegiatan pembekalan pertukangan perbaikan dan pembuatan perahu yang diberikan kepada 20 orang tersebut diprakarsai oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Parigi Moutong yang dilaksanakan di Café Rainbow Kampal. Selasa 15/10/2019.

Warga yang merupakan anggota dari kelompok nelayan yang condong pada usaha pertukangan perbaikan dan pembuatan perahu serta mobiler ini diberi berbagai materi terkait pengembangan usaha mereka.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Parigi Moutong Drs. I Wayan Sariana, mengatakan bahwa kegiatan pembekalan ini merupakan bagian dari Program perluasan dan penciptaan lapangan kerja. Parigi Moutong mempunyai bentangan pantai 472 Km dengan profesi nelayan yang berjumlah ribuan hal ini harus benar benar dipandang secara fisioner, prospek usaha pertukangan perbaikan dan pembuatan perahu ini sangat menjanjikan.

Menurut Drs. I Wayan Sariana karena belum ada yang menggeluti usaha ini secara professional dengan usaha ini para nelayan diharapkan dapat mengembangkan usaha dengan prospek pendapatan yang lebih menjanjikan. Para nelayan yang berdomisili di kelurahan kampal ini dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, jadi para nelayan jangan hanya memakai metode tradisional dalam usaha mereka tetapi bagaimana memanfaatkan metode metode digital seperti aplikasi penyebaran ikan dan navigasi laut, selain itu dengan aplikasi modern para nelayan dapat dengan mudah menjual hasil tangkapan mereka, saat dilaut para nelayan sudah dapat menjual ikan mereka dengan para pembeli di darat, jadi para nelayan tidak perlu lagi bersusah menjual hasil tangkapan mereka.

Kegiatan tersebut dihadiri juga ole Kepala Bidang Pembinaan dan Pelatihan Pasar Kerja dan Perluasan Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ilham, SP mengatakan  bahwa pembekalan ini dilaksanakan 3 hari yang diperuntukkan  bagi masyarakat nelayan dengan latarbelakang pertukangan perahu, selain diberikan pembekalan terkait usaha mereka. Pembekalan ini nantinya akan mendapat pendampingan oleh Tenaga Ahli di bidang ini dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi selama satu tahun berjalan sejak mereka menerima materi dan bantuan peralatan “ mereka akan diberi pendampingan dan di bimbing dalam mengembangkan usahanya “ Ucap Ilham,

Kepala Bidan Hubungan Masyarakat Kabupaten Parigi Moutong Syamsu Nadjamuddin, S.Pd, salah satu pemberi materi dalam kegiatan tersebut yang juga merupakan salah satu angler dari Parigi Fishing Community (PFC) mengatakan dari 20 yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 4 kelompok yang mesing-masing beranggotakan 5 orang, 3 kelompok memang merupakan spesialis pembuatan dan perbaikan perahu, 1 kelompok merupakan usaha meubel yang juga melayani perbaikan sarana-sarana kelautan, mereka akan diberi dasar pelatihan pengembangan usaha, baik berupa skil dan peningkatan SDM mereka di bidang Pertukangan Pembuatan dan Perbaikan perahu selain itu para peserta juga nantinya akan diberikan bantuan alat alat pertukangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sehingga prospek pengembangan usaha pertukangan mereka nantinya akan lebih baik. (Risman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *