Pengukuhan Peserta Bela Negara Komunitas Adat Terpencil ( KAT )

KarebaSulteng News.co.id -Tinombo, Parigi Moutong.  Pengukuhan 32 orang Bela Negara Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kabupaten Parigi Moutong secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Hidayat Lamakarate selaku pembina Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Provinsi Sulawesi Tengah resmi menjadi anggota Tagana Provinsi Sulawesi Tengah. Dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tinombo. Pada hari Selasa, 2/19/2019. Pengukuhan yang dihadiri oleh Bupati Parigi Moutong, H. Samsurizal Tombolotutu berserta Kadis Sosial Kabupaten Parigi Moutong Bpk Elvis Tombolotutu dan segenap OPD Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Hidayat Lamakarate mengatakan bahwa Tagana KAT  Parigi Moutong merupakan Tagana  yang pertama kalinya dikukuhkan menjadi Tagana Propinsi Sulawesi Tengah. “saya belum menemukan Tagana KAT yang dibiayai Pemerintah Kabupaten. Tagana KAT Parigi Moutong akan dijadikan percontohan kepada Kabupaten lainnya di Propinsi Sulawesi Tengah.

“Saya akan sampaikan kepada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah untuk membuat pemberitahuan kepada seluruh Kabupaten di Propinsi Sulawesi Tengah untuk menyiapkan tagana Kabupaten yang dibiayai Kabupaten tetapi statusnya adalah tagana Provinsi”.

Keberadaan tagana Kabupaten dengan status Tagana Provinsi akan sangat membantu menangani bencana yang terjadi diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah imbuhnya. Bupati Parigi Moutong dalam sambutannya mengatakan menjadi Tagana Provinsi merupakan suatu tantangan yang harus dilaksanakan sebab tugas Tagana Provinsi siap membantu daerah yang terkena Bencana diseluruh wilayah Propinsi Sulawesi Tengah dan berharap kepada calon tagana berikutnya yang telah dipersiapkan untuk lebih meningkatkan prestasi. “Saat ini kita telah memiliki tagana provinsi, untuk adik-adik calon tagana gelombang ke dua rebut status Tagana Nasional” harapannya.

Dalam pengukuhan tersebut ditandai dengan penyerahan seragam Tagana Provinsi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Pembina Tagana Provinsi) kepada Anggota Tagana Provinsi yg baru dikukuhkan.

#Risman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *