Fakultas Hukum UNTAD Gelar Kuliah Umum

Palu, KarebaSultengNews.co.id – Fakultas Hukum Universitas Tadulako Palu (FHUNTAD) kembali menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertajuk Penegakan Hukum Pemilu :  Sudah Adilkah ?. (  Catatan Pemilu Serentak 2019 Untuk Menuju Pilkada Serentak 2020 )  Kuliah Umum tersebut menghadirkan Prof. Topo Santoso, SH., MH., PhD, ( Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia) , dan  Dr. Ratna Dewi Petalolo,SH., MH. ( Anggota Bawaslu RI ) kegiatan terbuka tersebut diselenggrakan pada Senin 16 Septembern2019 di Theater Room Media Center UNTAD Palu.

Dalam Pantauan KarebaSulteng News, Dekan Fakultas Hukum Universitas Tadulako Dr. Sulbadana, SH., MH., didampingi Wakil Dekan III ( Bidang Kemahasiswaan Dr. Awaluddin SH., SE., MH. membuka Kuliah Umum diikuti  sekitar 350  mahasiswa. Peserta kuliah umum tersebut bukan hanya di ikuti oleh mahasiswa fakultas hukum dan fakultas ilmu sosial  dan politik ( FISIP UNTAD ), akan tetapi dari perguruan tinggi yang ada di kota Palu seperti IAIN Palu,  dan  perwakilan dari BAWASLU  Kota, Kabupaten dan Provinsi, serta para Dosen ( Pengajar Fakultas Hukum ).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultan  Hukum Universitas Tadulako Palu Dr. Sulbadana, SH., MH., menjeaskan bahwa kedua Narasumber  tersebut selain dari seorang akademisi namun seorang praktisi, sehingga materi yang sangat menarik untuk diketahui. Beliau juga menyampaikan beberapa hal penting seperti menyangkut tentang perkembangan demokrasi yang terjadi di Indonesia terutama peristiwa sebelum pesta demokrasi dan pasca pesta demokrasi pada tahun 2019 . beliau juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja untuk mensukseskan kegiatan Kuliah Umum sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Setelah sambutan yang diberikan oleh Bapak Dekan fakultas hukum, kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan dari kedua Narasumber materi yang berhubungan dengan teori demokrasi  yang di hubungkan dengan pelaksanaan pesta demokrasi yang berjalan sesuai tatanan yang berlaku di indonesia, serta membangun pola berdemokrasi yang berwibawa dan berkarakter untuk mewujudkan penegakan hukum pemilu di Indonesia selain materi tersebut, narasumber juga menguraikan tentang bagaimana pelaksanaan serta penyelesaian sengketa Pemilu apabila terdapat tindak pidana pemilu. Pemaparan berlangsung, terlihat  pula antusiasme mahasiswa dan peserta lainnya saat mendengarkan materi yang dipaparkan oleh pemateri.

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 – 11.30 tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab secara interaktif. Kemudian dirangkai dengan penyerahan Cindramata Oleh Fakultas Hukum Universitas Tadulako diberikan kepada  kedua Narasumber. ( An. )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *