Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia Sulawesi Tengah sesalkan tindakan anarkis dalam persidangan

Kareba Sulteng News ~ Palu, Mengamati pemberitaan yang viral yakni oknum pengacara melakukan pemukulan terhadap hakim saat persidangan berlangsung di Pengadilan Jakarta Pusat (PN Jakpus) pada hari kamis 17 juli 2019, bilamana hal tersebut benar2 terjadi, menurut Ketua DPD KAI Sulawesi Tengah, Riswanto Lasdin, SH.MH.CLA,  “peristiwa yg terjadi, sangat disayangkan, dan tidak mesti terjadi, apalgi persidangan perkara merupakan hal yg sangat sakral dan  harus di junjung kewibawaan dan kehormatannya oleh masyarakat pencari keadilan apalagi bagi penegak hukum”.

Lepas dari persoalan masalah apa yang terjadi antara pngacara dan hakim, akan tetapi ketidakpuasan dalam berperkara, Undang-Undang telah memberi sarana hukum untuk mlakukan upaya hukum. Bila terkait pokok perkara, ada upaya hukum banding, dan bila terkait perilaku hakim, ada upaya laporan ke pengawas hakim atau ke komisi yudisial. Mencermati peristiswa yang terjadi, hal tersebut harus mndapat perhatian yg serius, Advokat tentu dalam pengawasan organisasi profesinya dan hakim pula dalam pengawasan internal lembaga peradilan dan komisi yudisial.

Ketua DPD KAI Sulawesi Tengah menuturkan “Menurut saya, peristiwa yg terjadi tidak saja di tindaklanjuti melalui proses hukum bilamana korban pemukulan telah membuat laporan, akan tetapi perlu dilakulan identifikasi dan pemeriksaan secara internal baik melalui organisasi advokat maupun mahkamah agung, agar supaya motif terjadinya pemukulan benar2 terungkap secara jelas, agar masyarakat tdk berspekulasi menilai motif yang terjadi, paling tidak peritiwa yg terjadi tdk terulang kembali”.

Hal ini penting karena semua warga negara, tidak saja penegak hukum,  harus menjaga kewibawaan dan kehormatan lembaga peradilan sebgai tempat untuk mencari keadilan.

Penulis : Admin AR

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *