Pemerintah SeolaH Tak Tau, Tambang Ilegal Das Mentawa Resahkan Warga

KarebaSulteng News.co.id. Parigi : Minggu 13/ Januari /2019,  kepala Biro sekaligus Wartawan yang tergabung dalam  tim KarebaSulteng News.co.id , telah Melakukan perjalanan Investigasi ke salah satu daerah  tambang emas di Desa Sausu Torono  Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong tepatnya di Daerah Aliran Sungai (Das) Mentawa ,

dimana kemudian tim KS.news.co.id ,telah mendapatkan banyak adahnya  keluhan warga yang kesehariannya Tinggal  diwilayah daerah aliran Sungai akan keberadaan  penambangan emas ilegal yang kegiatan pertambanganya telah berlangsung  cukup lama,  keberadaan tambang emas ilegal, yang berada disekitar aliran sungai tersebut pun, dirasakan oleh  warga sangat menggangu ,terkait adahnya akibat dampak pencemaran yang kemudian telah ditimbulkan.

 ” contohnya air menjadi keruh berwarna kecoklatan yang awalnya jernih ” tutur salah seorang warga yang namahnya enggan di publikasikan , sambil juga kembali berurai apabila abrasi tanah dipinggiran aliran sungai tersebut juga telah ikut mengancam kelangsungan nasib perkebunan warga yang berada di pinggiran dan bantaran sungai Mentawa  apabila telah masuk  musim hujan .

“kami mengira penambangan tersebut  tidak memenuhi persyaratan Analisa Minimal dampak lingkungan (amdal)

hingga keberadaanya sangatlah meresahkan kami sebagai masyarakat,Namun anehnya sampai saat ini kegiatan ilegal penambangan yang terus terlaksana seperti tidak diketahui  oleh pemerintah hingga penambanganya tetap berjalan” tutur warga yang meminta namahnya juga tidak di publikasikan. Sementara itu pantauan Ks.News.co.id saat berada di area penambangan emas tersebut juga sempat melihat keberadaan 3 unit Dompeng yang beroperasi di areal  tambang.

penulis: Ris

editor  : Dw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *