NDB : Sulteng Usulkan 1 Provinsi dan 2 Kabupaten

KarebaSultengnews.co.id : Beberapa bulan yang lalu, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,melalui Komite 1 DPD RI belum lama ini telah mengadakan Rapat Kerja dengan Menteri dalam Negeri bersama dengan Kepala Daerah Induk, baik itu Gubernur,Bupati dan Walikota Se Indonesia.

melalui agenda Rapat Kerja yang terlaksana DPD RI,kemudian telah menyepakati dan sekaligus mendorong sejumlah usulan atas pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) yaitu sebanyak 173 calon DOB,16 calon DOB untuk Provinsi,130 calon DOB kabupaten,dan 27 calon DOB Kota,demikian hal itu dikatakan HJ.Nurmawati Dewi Bantilan S.E,M.H,kepada KS.Com ditemui di kediamanya di Jalan Karanja Lembah Palu belum lama ini.

dikatakan senator 3 Periode perwakilan Sulteng itu, pembentukan Dob antara lain sangat bertujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah,mempercepat peningkatan kesejahtraan masyarakat , dan mempercepat peningkatanpelayanan publik.

dan untuk Sulteng kata Dia, telah mengusulkan tiga DOB,ketiga DOB itu masing-masing untuk usulan 1 Provinsi dan 2 Kabupaten,Provinsi yang di usulkan itu yakni Provinsi Sulawesi Timur yang mencakup Kabupaten Banggai,Kabupaten Banggai Kepulauan,Banggai Laut,Kabupaten Morowali,Morowali Utara, Dan Kabupaten Tojo Una-Una. sedangkan 2 Kabupaten yang di usulkan dalam DOB itu yakni Kabupaten Moutong pemekaran dari Kabupaten Parigi Moutong da n Kabupaten Tomini Raya, pemekaran yang juga dari Kabupaten Parigi Moutong. ” selaku utusan dari Sulteng,saya akan mengemban amanah,atau apa yang telah menjadi harapan sekaligus aspirasi dari masyarakat Sulteng untuk mewujudkan DOB “tutup perempuan yang karib disapa NDB itu.

Penulis : DW

Editor : AN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *